Kamis, 21 November 2013

Injil Barnabas palsu disita pemerintah Iran.



Everybody's a Journalist     Add a Journal   
Kitab Injil Barnabas Palsu disita pemerintah Iran.
Kitab Injil Barnabas Palsu Disita Pemerintah Iran.    
 
Posted by Yudi Hendrich
1 year ago

Sebuah teks bersampul kulit, berpikir sejak dari abad kelima tapi ternyata hanya 12 tahun yang lalu, dang akan menyebabkan runtuhnya agama Kristen seluruh dunia..
Buku yang ditulis pada kulit hewan, disita selama operasi anti-penyelundupan di wilayah Mediterania Turki pada tahun 2000.
Pemerintah Turki percaya itu bisa menjadi versi asli Injil Barnabas oleh murid Yesus, dan laporan pers Iran telah mengklaim bahwa isinya akan memicu kejatuhan kekristenan dengan membuktikan bahwa Islam adalah agama final dan benar.

Apakah Injil Barnabas sahih atau palsu?

 


Pengenalan
Umat Kristian sejak awal lagi mempercayai bahawa keempat-empat kitab Berita Baik (Injil) yang disampaikan oleh Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes adalah diilhamkan oleh Roh Allah, dan mengandungi keterangan yang sah tentang riwayat serta karya Tuhan Yesus dan merupakan Berita Baik bagi dunia. Kitab-kitab ini disebut Berita Baik (Injil) yang disampaikan oleh Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.

Sebaliknya, agama Islam mendakwa bahawa kitab Berita Baik (Injil) orang Kristian tidak sah. Menurut dakwaan sesetengah orang Islam, sebuah buku yang berjudul injil Barnabas, kononnya ditulis pada abad pertama (1 T.M.) oleh Rasul Barnabas dan dikatakan bahawa inilah injil sebenar yang diberikan oleh Yesus. Perkara yang menghairankan adalah buku ini hanya muncul pada abad ke-18 T.M.!

Artikel ini bukan bertujuan menyindir sesiapa tetapi untuk memaparkan kenyataan supaya kebenaran dapat dibezakan daripada kepalsuan dan agar kebenaran akan dipercayai.

Tuhan Yesus berkata dalam Yohanes 8:31,32,36, "... Jika kamu taat kepada ajaran-Ku, kamu benar-benar pengikut-Ku. Kamu akan mengenal Allah. Oleh itu kamu akan dibebaskan ... Oleh itu, jika Anak membebaskan kamu, kamu benar-benar bebas."

Minggu, 17 November 2013

Penemuan Injil Barnabas antara kebenaran dan dusta

Penemuan Injil Barnabas antara kebenaran dan dusta


Pengunjung yang budiman

Dari judul diatas mungkin akan timbul pertanyaan , BENARKAH INJIL BARNABAS itu ?
dari saliman media terkuak satu persatu dari hasil terjemahan dari bahasa Aramik ( Bahasa Kuno pada zaman Nabi Isa As ).



Sebagian orang memprediksi injil tersebut adalah Injil Barnabas. Menurut mailonline,  injil yang tersimpan di Turki itu ditulis tangan dengan tinta emas menggunakan bahasa Aramik. Inilah bahasa yang dipercayai digunakan Yesus sehari-hari. Dan di dalam injil ini dijelaskan ajaran asli Yesus serta prediksi kedatangan penerus kenabian setelah Yesus. Alkitab kuno ini sekarang di simpan di Museum Etnografi di Ankara, Turki.

Guru Besar Islam Mencap Injil Barnabas Injil Palsu

 

 4703 171 22 13
Injil BarnabasTidak sedikit umat Muslim mengutip ayat-ayat dari Injil Barnabas untuk menyerang ke-Kristenan. Terkadang juga mereka mengutip ayat dari Injil ini. Tujuannya untuk memperkuat pernyataan mereka, bahwa nabi mereka adalah benar nabi terakhir dan penyempurna.
Sayangnya, hal tersebut tidak sesuai dengan pendapat mendiang Dr. Abbas Mahmoud Al Aqqad. Seorang guru besar terkenal di Universitas Al Azhar di Cairo, Mesir. Dia mengajak umat Muslim sedunia untuk menjauhkan diri dari Injil Barnabas. Dalam bukunya “Hayatul Masih fit Tarikh was Kusyufil ‘ashril Hadiets”, (Cairo: Darul Hilal) ia menguraikan kepalsuan Injil tersebut.  Ia berkesimpulan kitab ini bukan saja menyerang ajaran agama Kristen tetapi juga Islam.

Injil Barnabas Bertentangan Dengan Al-Quran

Sangat masuk akal bila mendiang Dr. Abbas Mahmoud Al Aqqad mengatakan Injil Barnabas palsu. Sebab terdapat beberapa ajaran dalam Injil Barnabas yang bertentangan dengan Al-Quran.

Injil Barnabas ciptaan setan


apakah Injil Barnabas itu dan bagaimana sejarahnya sehingga menjadi ada?

Pada tahun 1709, John Toland di Amsterdam menerima dari Cremer, kanzelir Raja Prusia, sebuah naskah berjudul 'Injil Barnabas' dalam bahasa Itali, naskah mana sampai saat ini masih disimpan di perpustakaan di Wina. Pada tahun 1718 'Injil Barnabas' mulai disebut dalam karangan John Toland yang berjudul 'Nazarenus or Jewish, Gentile and Mahometan Christianity'.

Kitab ini mulai menghebohkan ketika diterbitkan terjemahannya ke dalam bahasa Inggeris oleh Lonsdale dan Laura Rag dengan diberi judul 'The Gospel of Barnabas' (Oxford, 1907). Pada tahun 1908 kitab ini diterjemahkan oleh Khalil Saada ke dalam bahasa Arab, dan pada akhirnya diperkenalkan ke Indonesia oleh Ahmad Shalaby. Beberapa terjemahan dalam bahasa Indonesia ditulis antara lain oleh J. Bachtiar Affandie (Jasana, 1969), Husein Abubakar & Abubakar Basjmeleh (Pelita, 1970, diterjemahkan dari bahasa Arab), dan Rahnip M. (Bina Ilmu, 1980).

Apakah benar bahwa Injil Bernabas sebuah 'Injil' dan ditulis 'Barnabas' seorang rekan kerja rasul Paulus? Masalah ini sering dipersoalkan orang sehingga ada baiknya  diangkat sebagai bahan diskusi.

Minggu, 10 November 2013

Daftar Harga Produksi Cap Ibu Jari


Filter  
 


#Nama Barang Size/ukuran Harga Kode Barang
11 Jahe sereh Instan 1 kantong = 200 gram Rp.30.000,--/kantong 11
12 Temu putih Instan 1 kantong = 200 gram Rp.30.000,--/kantong 12
13 Purwaceng Instan 1 kantong = 200 gram Rp.30.000,--/kantong 13
14 Kunci sereh Instan 1 kantong =200 gram Rp.30.000/kantong 14
15 Lidah Buaya Instan 1 kantong= 200 gram Rp.30.000,--/kantong 15
16 Mahkota Dewa Instan 1 kantong = 200 gram Rp. 30.000,--/kantong 16
17 Mengkudu Instan 1 kantong = 200 gram Rp.30.000,--/kantong 17
18 Puyang laos Instan 1 kantong = 200 gram Rp.30.000,--/kantong 18
19 Akar alang- alang Instan 1 kantong = 200 gram Rp.30.000,--/kantong 19
20 Brotowali Instan 1 kantong = 200 gram Rp.30.000,--/kantong 20


Kamis, 07 November 2013

Seperti apa Adam?

 

Adam. Copyright, The God's Story Project.
Temukan kenyataan-kenyatan yang mengherankan mengenai…
…manusia pertama
…manusia pertama tanpa pusar ( atau tanpa ibu )
…operasi pertama
…suami pertama
…orang jenius pertama
…petani pertama
…taxonomis pertama
…ayah pertama
…orang berdosa pertama
…apa warna kulit Adam?
…mengapa Adam yang pertama perlu Adam yang terakhir?
Adam hidup 930 tahun (Kej. 5:5).

God's Story Online home
Baca juga cerita Alkitab tentang Adam dan ras manusia! lengkap dengan suara dan gambar. GO
Lihat halaman ini dalam bahasa: Inggris (English), Belanda (Nederlands), Rusia
Apakah manusia pertama mempunyai rambut hitam, kulit coklat dan mata coklat? Apakah dia setinggi 1,8 m? Semua ini adalah pertanyaan yang tidak bisa kita jawab secara pasti, karena kita tidak ada di sana saat itu untuk melihat Adam. Sekalipun demikian, dengan membaca kitab Kejadian dan berbekal ilmu pengetahuan dasar,kita dapat belajar banyak tentang bagaimana kemungkinan rupa dan bentuk Adam.

Adam dan Hawa—Apakah Mereka Benar-Benar Ada?


 
BAGI banyak orang, kisah Adam dan Hawa dalam buku Kejadian hanyalah cerita yang menarik. ”Para penganut agama-agama utama Susunan Kristen telah lama menganggap berbagai cerita dalam buku Kejadian, misalnya tentang Adam dan Hawa, sebagai alegori,” kata sepucuk surat kepada redaksi Time. Banyak pakar Katolik, Protestan, dan Yahudi sependapat. Mereka menyatakan bahwa banyak kisah dalam buku Kejadian jelas tidak sejalan dengan sejarah dan sains.
Bagaimana menurut Anda? Percayakah Anda bahwa Adam dan Hawa benar-benar ada? Adakah bukti yang menunjukkan bahwa mereka memang pernah hidup? Di pihak lain, apa saja yang tersangkut bila kisah dalam buku Kejadian ditepis sebagai mitos belaka?
Kisah dalam Buku Kejadian—Bisakah Dipercaya secara Ilmiah?
Pertama-tama, mari kita tinjau poin-poin utama dalam kisah penciptaan manusia pertama. Mengenai Adam, Alkitab berkata, ”Allah Yehuwa membentuk manusia dari debu tanah dan mengembuskan ke dalam lubang hidungnya napas kehidupan, dan manusia itu menjadi jiwa yang hidup.” (Kejadian 2:7) Apakah pernyataan ini bisa dipercaya secara ilmiah?
Buku Nanomedicine menyatakan bahwa tubuh manusia terdiri dari 41 unsur kimia. Unsur-unsur dasar ini—karbon, besi, oksigen, dan lain-lain—semuanya ada dalam ”debu” di bumi. Maka, sebagaimana buku Kejadian katakan, manusia sesungguhnya dibentuk ”dari debu tanah”.

Selasa, 05 November 2013

Sejarah Agama Hindu

        Print E-mail
PENGANTAR
Agama Hindu adalah agama yang mempunyai usia terpanjang merupakan agama yang pertama dikenal oleh manusia. Dalam uraian ini akan dijelaskan kapan dan dimana agama itu diwahyukan dan uraian singkat tentang proses perkembangannya. Agama Hindu adalah agama yang telah melahirkan kebudayaan yang sangat kompleks dibidang astronomi, ilmu pertanian, filsafat dan ilmu-ilmu lainnya. Karena luas dan terlalu mendetailnya jangkauan pemaparan dari agama Hindu, kadang-kadang terasa sulit untuk dipahami.
Banyak para ahli dibidang agama dan ilmu lainnya yang telah mendalami tentang agama Hindu sehingga muncul bermacam- macam penafsiran dan analisa terhadap agama Hindu. Sampai sekarang belum ada kesepakatan diantara para ahli untuk menetapkan kapan agama Hindu itu diwahyukan, demikian juga mengenai metode dan misi penyebarannya belum banyak dimengerti.
Penampilan agama Hindu yang memberikan kebebasan cukup tinggi dalam melaksanakan upacaranya mengakibatkan banyak para ahli yang menuliskan tentang agama ini tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya ada dalam agama Hindu.
Sebagai Contoh: "Masih banyak para ahli menuliskan Agama Hindu adalah agama yang polytheistis dan segala macam lagi penilaian yang sangat tidak mengenakkan, serta merugikan agama Hindu".
Disamping itu di kalangan umat Hindu sendiripun masih banyak pemahaman-pemahaman yang kurang tepat atas ajaran agama yang dipahami dan diamalkan. Demikianlah tujuan penulisan ini adalah untuk membantu meluruskan pendapat-pendapat yang menyimpang serta pengertian yang belum jelas dari hal yang sebenarnya terhadap agama Hindu.

Raja-raja Israel dan Yehuda (Yahudi) Kuno

 


Language: Indonesia | English
Tema: Daftar raja-raja Israel dan Yehuda (Yahudi) kuno beserta tahun pemerintahan masing-masing. Pengetahuan ini penting untuk menghindari penyalahinterpretasian yang berujung pada tuduhan kepalsuan dan kontradiksi Alkitab.

Daftar raja Israel pertama yang terkenal sepanjang sejarah:
Saul1050-1010 SM
David1010-970 SM
Sulaiman970-930 SM
 
Raja-Raja Paska pecahnya Israel menjadi Kerajaan Samaria (Kerajaan Israel Utara) dan Kerajaan Yahudi (Kerajaan Israel Selatan) tidak ada yang melebihi keterkenalan 3 raja Israel pertama.

Senin, 04 November 2013

10 Fakta kesempurnaan Tuhan mencptakan Bumi.

| 0 comments ]
Salah satu temuan mutakhir di dunia sains yang menjadi buah bibir di kalangan ilmuwan adalah apa yang disebut prinsip antropis.

Prinsip ini mengungkapkan bahwa setiap detail yang terdapat di alam semesta telah dirancang dengan ketepatan yang sempurna untuk memungkinkan manusia hidup. Contoh kecil dari prinsip antropis ini dapat kita temukan pada fakta-fakta yang berkaitan dengan keberadaan bumi.

Dalam hal ini, seorang astronom amerika Hugh Ross dalam bukunya yang berjudul 'The Fingerprint of God, Recent Scientific Discoveries Reveal The Unmistakable Identitiy of The Creator' telah membuat daftarnya sendiri sebagai berikut.

1. Jarak bumi dengan matahari
Jarak matahari ke bumi adalah 149.669.000 kilometer (atau 93.000.000 mil). Jarak ini dikenal sebagai satuan astronomi dan biasa dibulatkan (untuk penyederhanaan hitungan) menjadi 148 juta km.

Alasan terbaik memilih saat ini abad kegelapan dibanding zaman modern.

| 0 comments ]
Pertama, saya harus minta maaf atas menggunakan istilah "Abad kegelapan", karena istilah palsu diciptakan pada periode pasca-abad pertengahan untuk melemparkan aspersions selama abad pertengahan.


Para Abad kegelapan sebenarnya tidak gelap - zaman itu, pada kenyataannya, waktu yang tepat untuk hidup .Di sini, kita melihat sepuluh perbedaan antara dulu dan sekarang yang (subyektif tentunya) yang lebih baik dari jamanini.



10. Pajak Rendah


tarif pajak di Inggris abad pertengahan banyak bervariasi, tergantung pada Raja dan apa yang terjadi di masyarakat.

Besarnya Pajak jarang di atas 15% tetapi lebih sering sebsar 10%. Bagi kebanyakan orang saat ini hampir sepertiga atau setengah dari pendapatan adaalah pajak yang harus dibayar.Pajak untuk mendukung militer dan Raja, dan bahkan dalam masa perang pajak tidak pernah berlebihan.

Benua Lemurian yang hilang

| 0 comments ]
ATLANTIS



Telah 9000 tahun berlalu sejak perang yang berlangsung antara mereka yang tinggal di luar Pilar-Pilar Heracles dan mereka yang tinggal di dalamnya. Di satu sisi, kota Athena dilaporkan menjadi pemimpin perlawanan sementara pihak satunya dipimpin oleh raja-raja Atlantis, suatu pulau yang bahkan lebih luas dibandingkan Libya dan Asia, yang kemudian tenggelam karena gempa bumi, dan menjadi tembok tempur yang menghalangi seluruh pelayaran melalui samudera itu(Critias-360SM). Konon hanya dua catatan yang menceritakan tentang Atlantis yaitu Dialog Timeaus dan Critias, keduanya dicatat oleh Plato sekitar 360SM. Dialog ini adalah percakapan antara Socrates (guru Plato), Hermocrates, Timeaus dan Critias, Socrates menjelaskan tentang masyarakat ideal versinya, sementara Timeaus dan Critias bercerita kisah yang bukan fiksi. Kisah ini merupakan kisah konflik antara bangsa Athena dan Atlantis 9000 tahun sebelum masa Plato. Kisah yang sudah terlupakan tetapi muncul kembali dibawa oleh Solon (600 tahun SM), seorang Sage dari Hellena yang mendapatkan secara lisan dari pendeta Mesir di Sais. Solon menyampaikan kisah ini kepada Dropides, kakek buyut Critias. Dropides menyampaikannya kepada putranya, (yang juga bernama) Critias, dan diteruskan kepada Critias, sang cucu

Minggu, 03 November 2013

Kerajaan Kuru-India

Kerajaan Kuru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta India pada masa kebudayaan Weda. Kerajaan Kuru tampak di utara bersama beberapa kerajaan tetangga yang utama.
Peta 16 Mahajanapada (Kerajaan besar) pada masa India Kuno, sekitar abad VII-III SM. Kerajaan Kuru termasuk dalam salah satu Mahajanapada.
Dalam sastra dan wiracarita India Kuno, Kerajaan Kuru merupakan kerajaan yang diperintah oleh Wangsa Kuru, keturunan Sang Kuru. Tidak diketahui dengan pasti kapan kerajaan ini berdiri, dan hingga sekarang dikenal sebagai legenda dalam wiracarita India, seperti misalnya Mahabharata. Kerajaan Kuru yang lain berada di utara Himalaya, dan disebut Uttara Kuru. Menurut sastra Hindu, Kerajaan Kuru terbentang di antara sungai Saraswati dan sungai Gangga. Salah satu kitab yang dijadikan sumber keberadaan kerajaan Kuru adalah Mahabharata, dan tokoh utama yang diceritakan dalam kitab tersebut merupakan keturunan Kuru. Menurut Mahabharata, pada masa pemerintahan Raja Dretarastra, Kerajaan tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu Kurujangala dan Kuru asli.

Kerajaan pada zaman India kuno

 

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Peta kerajaan-kerajaan kuno di India selama masa kisah epik"
Sejarah Asia Selatan
Flag of Bangladesh.svg Flag of Bhutan.svg Flag of India.svg Flag of Maldives.svg Flag of Nepal.svg Flag of Sri Lanka.svgFlag of Pakistan.svg
Sejarah India
Zaman Batu70.000–3300 SM
· Kebudayaan Mehrgarh· 7000–3300 SM
Peradaban lembah sungai Indus3300–1700 SM
Kebudayaan Harappa1700–1300 SM
Zaman Weda1500–500 SM
· Zaman besi· 1200–500 SM
· Kerajaan dalam Weda1200–700 SM
Maha Janapadas700–300 SM
Kerajaan Magadha1700 SM–550 M
· Dinasti Maurya· 321–184 SM
Kerajaan tengah230 SM–1279 M
· Kerajaan Satawahana· 230 SM–199 M
· Kekaisaran Kushan· 30–375
· Kemaharajaan Gupta· 240–550
· Dinasti Pala· 750–1174
· Kerajaan Chola· 848–1279
Kesultanan Islam1206–1596
· Kesultanan Delhi· 1206–1526
· Dekhan· 1490–1596
Kerajaan Hoysala1040–1346
Kerajaan Kakatiya1083–1323
Kerajaan Wijayanagara1336–1565
Kesultanan Mughal1526–1707
Kekaisaran Maratha1674–1818
Masa kolonial1757–1947
Zaman moderntahun 1947 ke atas
Sejarah India Selatan
Bangladesh · Bhutan · India
Maladewa · Nepal · Pakistan · Sri Lanka
Sejarah daerah
Assam · Bengal · Wilayah Pakistan
Punjab · Sindh · India Selatan · Tibet
Sejarah istimewa
Dinasti di India · Ekonomi · Indologi · Bahasa · Sastra
Maritim · Militer · Iptek
Artikel ini menampilkan klasifikasi kerajaan pada zaman India kuno yang disebutkan dalam susastra Hindu, seperti misalnya Weda, Mahabharata, Ramayana, dan Purana. Kapan kerajaan-kerajaan tersebut berdiri, tidak diketahui dengan pasti dan masih diperdebatkan, sehingga tidak dicantumkan disini. Artikel ini menekankan pada klasifikasinya. Kerajaan-kerajaan tersebut tersebar di seluruh daratan India dan berdiri sendiri.

Sabtu, 02 November 2013

SUNDA LAND Menjawab Misteri Benua Atlantis Yang Hilang


Plato
[topsecretwriter.com]
Kontroversi terbesar sepanjang sejarah peradaban manusia,  tampaknya kini mulai terungkap. Benua Atlantis seperti disebutkan Plato, Filosof Yunani, dalam bukunya Timaeus and Critias sekitar 2500 tahun silam, dari sudut pandang geologi dan spekulasi ilmiah dewasa ini, sangat mungkin adalah Sunda Land, yang sekarang kita kenal dengan Indonesia Barat (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) hingga semenanjung Malaysia dan Thailand.  

Benua Atlantis disebut sebagai awal peradaban manusia. Penduduknya memiliki kebudayaan tinggi dan bangsa superior. Namun benua itu telah tenggelam selama ribuan tahun karena berbagai bencana alam. Yang menarik, hingga kini tidak diketahui dengan pasti dimana sebenarnya letak benua Atlantis itu? Dari sudut pandang geologis, ternyata sangat mungkin letak Atlantis justru di tataran Sunda....!

Jumat, 01 November 2013

Kerajaan dan Dinasti Cina

 

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
中國歷史 Bagian dari seri
Sejarah Cina
Tiga Maharaja dan Lima Kaisar
Dinasti Xia
Dinasti Shang
Dinasti Zhou
Periode Musim Semi dan Musim Gugur
Periode Negara Perang
Dinasti Qin
Dinasti Han Barat
Dinasti Xin
Dinasti Han Timur
Tiga Negara/Kerajaan
Dinasti Jin
Enam Belas Negara
Dinasti Selatan dan Utara
Dinasti Sui
Dinasti Tang
Lima Dinasti dan Sepuluh Negara
Dinasti Liao
Dinasti Song
Xia Barat
Kekaisaran Jin
Dinasti Yuan
Dinasti Ming
Dinasti Qing
Republik Cina (1912-1949)
Republik Cina (Taiwan)
Republik Rakyat Cina
sunting
Sebelum sistem republik terbentuk di Cina pada tahun 1912, kekuasaan tertinggi adalah berapa di tangan penguasa monarki yang diwariskan secara turun temurun, dan dari pergantian keluarga penguasa monarki tersebutlah yang membentuk Sejarah Cina.
  1. Tiga Maharaja dan Lima Kaisar ( sānhuáng wǔdì / 三皇五帝 ) ? – 2070 SM.
    1. Tiga Maharaja ( sānhuáng / 三皇 ).
    2. Lima Kaisar ( wǔdì / 五帝 ) ? – 2070 SM.
  2. Dinasti Xià ( xiàcháo / 夏朝 ) 2070 SM – 1600 SM.
  3. Dinasti Shāng ( shāngcháo / 商朝 ) 1600 SM – 1046 SM.
  4. Dinasti Zhōu ( zhōucháo / 周朝 ) 1046 SM – 256 SM.
    1. Dinasti Zhōu Barat ( xīzhōu / 西周 ) 1046 SM – 771 SM.
    2. Dinasti Zhōu Timur ( dōngzhōu / 东周 / 東周 ) 770 SM – 256 SM.
      1. Periode Musim Semi dan Musim Gugur ( chūnqiū / 春秋 ) 770 SM – 476 SM ( Tiga Keluarga Membagi Negara Jìn ( sānjiā fēnjìn / 三家分晋 / 三家分晉 ) sebagai awal dari Periode Negara Perang ( zhànguó / 战国 / 戰國 ) ).
      2. Periode Negara Perang ( zhànguó / 战国 / 戰國 ) 475 SM – 221 SM.
  5. Dinasti Qín ( qíncháo / 秦朝 ) 221 SM – Oktober 206 SM.
    1. Kerajaan Chǔ Barat ( xīchǔ / 西楚 ) Februari 206 SM – Desember 203 SM.
  6. Dinasti Hàn ( hàncháo / 汉朝 / 漢朝 ) 202 SM – 8 Masehi ; 25 – 220.
    1. Dinasti Hàn Barat ( xīhàn / 西汉 / 西漢 ) Februari 202 SM – Desember 8 Masehi.
    2. Dinasti Xīn ( xīncháo / 新朝 ) 9 – 23.
    3. Kaisar Gēngshǐ ( gēngshǐdì / 更始帝 ) 23 – 25.
    4. Dinasti Hàn Timur ( dōnghàn / 东汉 / 東漢 ) 25 – 220.
  7. Periode Tiga Kerajaan ( sānguó / 三国 / 三國 ) 220 – 280.
    1. Kerajaan Cáo Wèi ( 曹魏 ) 220 –265.
    2. Kerajaan Shǔ Hàn ( 蜀汉 / 蜀漢 ) 221 – 263.
    3. Kerajaan Sūn Wú ( 孙吴 / 孫吳 ) 222 – 280.
  8. Dinasti Jìn ( jìncháo / 晋朝 / 晉朝 ) 265 – 420.
    1. Dinasti Jìn Barat ( xījìn / 西晋 / 西晉 ) 265 – 316.
    2. Dinasti Jìn Timur ( dōngjìn / 东晋 / 東晉 ) 317 – 420.
      1. Periode Enam Belas Kerajaan ( shíliùguó / 十六国 / 十六國 ) 304 – 439.

Kerajaan pada zaman India kuno

 

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Peta kerajaan-kerajaan kuno di India selama masa kisah epik"
Sejarah Asia Selatan
Flag of Bangladesh.svg Flag of Bhutan.svg Flag of India.svg Flag of Maldives.svg Flag of Nepal.svg Flag of Sri Lanka.svgFlag of Pakistan.svg
Sejarah India
Zaman Batu70.000–3300 SM
· Kebudayaan Mehrgarh· 7000–3300 SM
Peradaban lembah sungai Indus3300–1700 SM
Kebudayaan Harappa1700–1300 SM
Zaman Weda1500–500 SM
· Zaman besi· 1200–500 SM
· Kerajaan dalam Weda1200–700 SM
Maha Janapadas700–300 SM
Kerajaan Magadha1700 SM–550 M
· Dinasti Maurya· 321–184 SM
Kerajaan tengah230 SM–1279 M
· Kerajaan Satawahana· 230 SM–199 M
· Kekaisaran Kushan· 30–375
· Kemaharajaan Gupta· 240–550
· Dinasti Pala· 750–1174
· Kerajaan Chola· 848–1279
Kesultanan Islam1206–1596
· Kesultanan Delhi· 1206–1526
· Dekhan· 1490–1596
Kerajaan Hoysala1040–1346
Kerajaan Kakatiya1083–1323
Kerajaan Wijayanagara1336–1565
Kesultanan Mughal1526–1707
Kekaisaran Maratha1674–1818
Masa kolonial1757–1947
Zaman moderntahun 1947 ke atas
Sejarah India Selatan
Bangladesh · Bhutan · India
Maladewa · Nepal · Pakistan · Sri Lanka
Sejarah daerah
Assam · Bengal · Wilayah Pakistan
Punjab · Sindh · India Selatan · Tibet
Sejarah istimewa
Dinasti di India · Ekonomi · Indologi · Bahasa · Sastra
Maritim · Militer · Iptek
Artikel ini menampilkan klasifikasi kerajaan pada zaman India kuno yang disebutkan dalam susastra Hindu, seperti misalnya Weda, Mahabharata, Ramayana, dan Purana. Kapan kerajaan-kerajaan tersebut berdiri, tidak diketahui dengan pasti dan masih diperdebatkan, sehingga tidak dicantumkan disini. Artikel ini menekankan pada klasifikasinya. Kerajaan-kerajaan tersebut tersebar di seluruh daratan India dan berdiri sendiri.