Rabu, 23 September 2015

Kerajinan Jenitri Tembus Tiongkok


Pangsa Pasar Terbuka

8 Mei 2015 1:25 WIB Category: SmCetakSuara Kedu A+ / A-
Click Here
KEBUMEN – Kendati permintaan biji jenitri (elaeocarpus serratus) dari Nepal sempat menurun akibat gempa bumi di negara itu, tetapi secara umum pangsa pasar kerajinan biji jenitri di Kebumen masih terbuka lebar.
Biji jenitri atau rudraksha selain dikirim ke Nepal memenuhi pasar Hindia, Myanmar, mampu tembus hingga Tiongkok. Hal itu diakui oleh Subardi (38) salah satu pengusaha kayu yang terjun ke bisnis kerajinan biji jenitri.
Selama dua bulan terakhir dia mengirim kerajinan jenitri dalam bentuk tasbih atau mala bagi umat Buddha. Dalam seminggu dia bisa mengirim 1.500 sampai 2.000 kalung. ”Secara umum tidak ada penurunan permintaan. Bahkan pasar jenitri terus meluas,” ujar Subardi kepada Suara Merdeka di workshop-nya di Desa Adikarto, Kecamatan Adimulyo, Kebumen, barubaru ini.
Bahkan saat ini, Subardi mendapatkan permintaan biji jenitri dalam skala besar untuk memenuhi pasar ke Tiongkok. Seberapa pun jumlah biji jenitri yang ada siap dikirim dalam menggunakan kontainer. Saat ini, Bardi mengaku baru memiliki stok sekitar 2 ton biji jenitri.

MANFAAT BIJI JENITRI UNTUK KESEHATAN


Manfaat Biji Jenitri Untuk KesehatanManfaat biji jenitri untuk kesehatan. Apa itu itu jenitri? jenitri adalah biji dari tanaman eliocarpus ganitrus roxb. Pohon jentri dapat tumbuh setinggi 25 sampi 30 cm,  dengan warna biji jenitri coklat. Pohon jenitri banyak tumbuh di Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Tanaman ini berasal dari India yang dibawa orang India ke Indonesia. Biji jenitri harganya cukup fantastik setara dengan harga jual berlian.
Tanaman ini juga banyak tumbuh di Kabupaten Kebumen, Jawa Tenggah tempat asal admin thepleng.com. Asal mula jenitri banyak tumbuh di Kebumen sekitar 150 tahun yang lalu ada orang India yang datang ke Kebumen dan membudidayakan tanaman jentri di kebumen. Karena  harganya yang cukup fantastik maka warga kebumen berbondong-bondong menanam tanaman jenitri.

Sejarah, manfaat, dan kandungan pada buah jenitri yang baik untuk kesehatan


 on Monday, May 11, 2015 
Sejarah, manfaat, dan kandungan pada buah jenitri yang baik untuk kesehatan



Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang sejarah, manfaat dan kandungan pada buah jenitri yang  sangat fenomenal saat  ini. Buah jenitri di India disebut dengan Rudraksha, tanaman jenitri termasuk dalam family Elaeocarpaceae. Tanaman ini berbatang tegak dan bulat dengan warna coklat. Di sepanjang tepi dari daunnya bergerigi dan runcing di bagian ujung. Kata rudraksha sendiri berasal dari kata rudra yang diartikan dengan dewa siwa, dan kata aksa diartikan dengan mata. jadi arti kata rudraksha secara keselluruhan adalah mata dewa siwa atau mata siwa.

JENITRI TIDAK HANYA BIJI TITISAN DEWA



Kedua mata Prof I Nyoman Kabinawa terpejam. Ia duduk bersila mengenakan pakaian putih. Bibirnya merapalkan doa. '...Dhimahi dhiyo nah pracodayat.' Pada saat bersamaan, jari manis tangan kanannya memutar biji mala seukuran buah kersen hingga 108 kali. Telunjuk dan kelingking terlarang menyentuh mala yang tersusun dari biji buah jenitri.

Itulah ritual Prof I Nyoman Kabinawa dan penganut Hindu lain saat bermeditasi. Dalam ritual itu, jenitri elemen penting lantaran mempunyai nilai mitos tinggi. 'Sebelum digunakan untuk meditasi, jenitri mesti diberi mantra agar memiliki kekuatan,' kata Kabinawa, periset Pusat Penelitian Bioteknologi, LIPI. Dengan kekuatan itu, doa yang dipanjatkan pun sampai ke Sang Hyang Widi.

PERKUTUKAN, KAMPUNG JENITRI

Jenitri atau genitri atau ganitri atau rudraksha bagi masyarakat Peniron bukan hal yang asing lagi. Budidaya tanaman dengan hasil yang sangat menjanjikan keuntungan yang luar biasa, sudah dilakukan masyarakat secara tradisional sejak tahun 80an. Daerah sekitar Peniron yang sangat terkenal dengan budidaya tanaman ini sejak lama adalah desa Pengaringan, Condongcampur dan dusun nDiwung desa Kajoran. Daerah ini berada dipuncak bukit dan merupakan sentra agro jenitri selain tanaman cengkeh. Budidaya jenitri-lah yang sejak dulu menciptakan saudagar-saudagar di desa-desa di puncak bukit itu.

Seiring perkembangan, kini jenitri telah dibudidayakan hampir menyeluruh di Kebumen. Dengan eksperimen dan teknik-teknik tertentu, saat ini bahkan telah dihasilkan bibit tanaman jenitri kualitas super. Jenitri ini dihasilkan dari teknik stek dan dengan perawatan yang baik akan menghasilkan biji jenitri yang baik.

Selasa, 22 September 2015

Manfaat Pengobatan Rudraksha (Ganitri)


Oleh: Saravana Kumar
'Let your religion be less of a theory and more of a love affair-G.K. Chesterton' photo (c) 2008, Sharan Ranjit - license: http://creativecommons.org/licenses/by-nd/2.0/
Rudraksha adalah cemara besar berdaun lebar yang bijinya secara tradisional digunakan sebagai tasbih dalam agama Hindu. Tumbuhan dalam genusElaeocarpus ini memiliki beberapa spesies, di antaranya adalah E. Ganitrus. Nama Ganitrus ini mungkin diambil dari ganitri, sebutannya dalam bahasa Sunda dan Melayu. Rudraksha tumbuh di daerah aliran sungai Gangga di kaki pegunungan Himalaya sampai ke Asia Tenggara, New Guinea, Australia, Guam, dan Hawaii.
Rudraksha telah diidentifikasi sebagai obat sejak 1500 SM di India. Sejak saat itu, banyak penelitian telah dilakukan oleh para dokter Ayurvedik India untuk lebih memanfaatkan Rudraksha sebagai obat potensial.

Sifat elektromagnetik

Budidaya Jenitri

MINGGU, 16 MEI 2010


Jenitri, adalah tumbuhan atau tanaman yang belum begitu dikenal oleh masyarakat luas, yang mempunyai beberapa kelebihan dibanding tanaman lainnya.
Kelebihan tanaman Jenitri, selain mempunyai manfaat bagi lingkungan juga mempunyai nilai ekonomi yang lumayan tinggi, terutama buah atau bijinya yang ternyata menjadi salah satu komoditi export. Hal itu yang menjadikan tanaman Jenitri mulai diminati oleh masyarakat untuk dibudidayakan pada lahan-lahan pekarangan.
Hasil penjualan biji Jenitri telah mampu mengubah kondisi ekonomi orang-orang yang sebelumnya pas-pasan, kini setelah menjadi pembudidaya Jenitri mereka beromzet jutaan rupiah setiap kali panen dari beberapa puluh pohon Jenitri yang dirawatnya dengan tekun.
I. Mengenal Jenitri.

cerita tentang polutan dan jenitri

image: https://scontent.cdninstagram.com/hphotos-xaf1/t51.2885-19/s150x150/11809957_1667610990139954_1092254690_a.jpg
 yfranlida Saya mau ‪#‎berbagisehat‬ nih. Soalnya, beda lhooo, kondisi stamina dan daya tahan tubuh pemakai ‪#‎jenitri‬ dengan yang belum memakai #jenitri di musim kabut asap begini.
Alhamdulillah, stamina dan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat meskipun setiap hari wira wiri terpapar udara Palangka Raya yang berasap.
Masker saja tidak cukup untuk menghalau zat-zat polutan yang menyebar di udara. Dengan memakai kalung/gelang kesehatan Jenitri yang mengandung senyawa2 alkalida antipolutan, insya allah, akan membantu tubuh mengatasi dampak buruk dari kabut asap ini.
Ini dia, manfaat lainnya dari kalung/gelang kesehatan Jenitri/Rudraksa/Mata Siwa :
Kalung dan gelang Jenitri ini berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti :
• Hipertensi
• Nyeri sendi
• Jantung
• Kolesterol
• Vertigo
• Migrain
• Kebas / kram / kesemutan / otot kaku
• Asam urat
• Asma
• Epilepsi
• Hati (liver)
• Melancarkan peredaran darah ke otak
• Melunturkan lemak
• Memperbaiki fungsi syaraf dan otot
• Membantu daya konsentrasi
• Memberikan efek tenang dan rileks
• dll
Cara penggunaan :
Cukup dikalungkan pada leher seperti memakai kalung pada umumnya. Untuk gelang, bisa dipasang di pergelangan tangan atau kaki.
Untuk pemakaian awal, gunakan selama 7 hari di sepanjang hari.
Untuk selanjutnya, bisa dipakai pada saat tidur di malam hari saja atau diteruskan pemakaiannya sepanjang hari.
Untuk hipertensi dan meluruhkan lemak, biji Jenitri direndam dalam secangkir air hangat, biarkan semalaman, keesokan paginya air rendaman biji Jenitri tersebut diminum.

sumber

BUDIDAYA TANAMAN GANITRI/GEITRI/JENITRI


Written By Mr Bongki on 24 Feb 2010 | 04.21


Ganitri, Genitri/Jenitri (Elaeocarpus sphaericus Schum)

jika diklasifikasikan ganitri termasuk dalam divisi spermatophyta, subdivisi angiospermae, kelas dicotyledoneae,bangsa malvales, family/suku elaeocarpaceae, marga elaeocarpus, jenis spermatophyta.
di indonesia tanaman ini sering disebut juga dengan nama ganitri,genitri, jenitri.selain itu ganitri juga memiliki nama-nama lokal antara lain :
madura : klitri
jawa : sambung susu
bali : biji mala
sulsel : biji sima
bogor : katulampa, matadewa, mata siwa.
di india ganitri disebut juga dengan nama Rudraksa,yang berasal dari kata RUDRA yang berarti DEWA SIWA dan AKSA yang berarti mata atau matasiwa. Rudraksa merupakan tanaman setinggi 25-30 meter dengan batang tegak dan bulat berwarna cokelat, sepanjang tepi daunnya bergerigi dan meruncing pada bagian ujungnya.
di amerika ganitri mempunyai nama UTRASUM BEAD, di amerika ganitri digunakan sebagai bahan penelitian obat obatan.

Kamis, 17 September 2015

Informasi biji Ganitri / Rudraksha / Jenistri

Sabtu, 23 Juni 2012

Jenis Ganitri:

Ganitri, Genitri/Jenitri (Elaeocarpus sphaericus Schum)

ELAEOCARPUS GANITRUS ROXB, Efaeocarpus angustifolta Bl.; E. cyanocarpa Maing.;E. sphaerica Shcum. ; Ganitrus sphaerocarpaAda tiga macam jenis ganitri dan 4 jenis agak berlainan yang dinamai Katulampa. 
Klasifikasi
Divisi
Spermatophyta
Subdivisi
Angiospermae
Kelas
Dicotyledoneae
Bangsa
Malvales
Family/Suku
Elaeocarpaceae
Marga
Elaeocarpus
Jenis
Spermatophyta
Jenis
Umur produksi perdana
Tinggi menurut umur
Kelas hasil
Varietas lokal
4 tahun
Batang tinggi 6-7 tahun - 10-15 meter
biji kelas 1- 10
Varietas super
2 tahun berproduksi 
Batang lebih pendek 4 tahun 4 meter
biji kelas 1- 10

Morfologi:

Minggu, 13 September 2015

Genitri/Jenitri/Airmatadewa/Rudraksha.


Khasiat dan kegunaannya.
Menghilangkan Stress
Biji atau buah genitri juga memiliki manfaat yang baik dalam hal penghilangan dan pecegahan stress dan juga depresi. Biasanya ketika seseorang mengalami stress dan depresi, mereka akan merasa gelisah dan sulit beraktivitas secara normal. Buah genitri ini dapat membantu anda yang mengalami stress dan depresi dan menghilangkannya. Hal ini bukanlah mitos, dan sudah pernah diuji secara ilmiah, dimana biji genitri memiliki kemampuan untuk menginduksi listrik dan gelombang elektromagnetik. Hal ini dapat mempengaruhi :
Sistem otak pusat,Mengatur kesehatan dan aktivitas otak,Memberikan efek rileks dan tenang melalui hantaran gelombang elektromagnetik pada otak,Karena efek ini, buah genitri sering dibuat menjadi kerajinan kalung, yang apabila digunakan dapat berdampak pada hal di bawah ini :
Tubuh terasa rileks,Pikiran menjadi lebih positif,Stress dan depresi menjadi hilang dan berkurang
Meredam dan menurunkan hipertensi.
Kegunaan lain dari genitri adalah kemampuannya untuk meredakan dan menurunkan tekanan darah tinggi alias hipertensi. Hal ini dapat dirasakan dengan cara meminum air dari rendaman biji genitri. Berikut ini langkah – langkahnya : Ambil segenggam biji atau buah genitri,Rendam biji geenitri dengan air semalaman,Minum hasil rendaman tersebut pada pagi hari ketika perut masih kosong,Selain diminum, anda juga dapat mencoba mengalungkan biji genitri untuk menambah efek peredaman tekanan darah tinggi anda.

Asal-Usul Buah Genitri (Jenitri)


Sejarah Pohon Jenitri Sampai Ke Indonesia


Sekitar 150 tahun lalu orang India itu tinggal di Kauman, Kebumen. Dia menitipkan pohon jenitri kepada seseorang santri yang mengaji di masjid daerah Kauman tersebut. Orang India itu lalu memberikan bimbingan dari mulai menanam pohonnya hingga panen buah jenitri.

PENAMPAKAN BIJI JENITRI




RAJA
BIJI / MANIK-MANIK JENITRI

Komplit, Berkualitas, Murah



Kami menjual semua jenis biji jenitri matang pohon, utuh tidak cacat & berkualitas :
  • Jenitri langka / koleksi
  • Jenitri biasa
  • Jenitri  yangg sudah di bor (siap rangkai)
  • Jenitri warna-warni


JENITRI LANGKA
RARE RUDRAKSHA
Jenitri garis 1 mukhi rudraksha
Price US $
Jenitri garis 2 mukri rudraksha
Price US $
Jenitri garis 3 mukhi rudraksha
Pice US $


Jenitri garis 4 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 5 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 6 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 7 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 8 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 9 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 10 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 11 mukhi rudraksha
Price US $ 


Jenitri garis 12 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 13 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 14 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 15 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 16 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 17 mukhi rudraksha
Price US $
Jenitri garis 18 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 19 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 20 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 21 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri garis 29 mukhi rudraksha
Price US $


Jenitri kepala gajah / Ganesh rudraksha
Price US $


Jenitri dempet 2 besar kecil / Garbh gauri rudraksha
Price US $


Jenitri dempet 2 sama besar / Gauri shankar rudraksha
Price US $


Jenitri dempetp 3 / Trijuti rudraksha
Price US $





COMMON RUDRAKSHA

Diameter : Price
5.5 mm : Rp. / bead
6.0 mm : Rp. / bead
6.5 mm : Rp. / bead
7.0 mm : Rp. / bead
7.5 mm : Rp. / bead
8.0 mm : Rp. / bead
8.5 mm : Rp. / bead
9.0 mm : Rp. / bead
9.5 mm : Rp. / bead
10.0 mm : Rp./ bead
10.5 mm : Rp. / bead

11.0 mm : Rp. / kg
12.0 mm : Rp.  / kg
13.0 mm & up : Rp.  / kg
JENITRI WARNA & SIAP RANGKAI

warna tua / muda : 
warna asli, hitam, coklat , jambon, merah, oranye, kuning, hijau, jambon, merah, oranye, hijau, biru, ungu, abu-abu, putih


sumber