Rabu, 03 Mei 2017

Resep dan Cara Membuat Ayam Panggang Bumbu Spesial yang Gurih, Empuk dan Nikmat




Sajian ayam panggang adalah hidangan yang mungkin tak lagi asing ditelinga anda.
Atau mungkin sajian ini adalah hidangan favorit anda sendiri. Nah, jika biasanya anda seringkali menyantap hidangan ayam panggang di restoran atau kafe, tidak ada salahnya jika mulai saat ini anda bisa menyajikan sendiri hidangan ayam panggang bumbu special dirumah anda.

NAMA RESEP

Resep dan Cara Membuat Ayam Panggang Bumbu Spesial yang Gurih, Empuk dan Nikmat

REVIEW

4.7 review 254

WAKTU MEMASAK

Persiapan: 
Memasak: 
Total: 

JUMLAH PORSI

8 Potong

BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MEMBUAT AYAM PANGGANG BUMBU SPESIAL YANG GURIH, EMPUK DAN NIKMAT

Bahan Utama Ayam:

  • 1 ekor ayam
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 1/2 sendok makan kecap manis
  • 400 ml air
  • 2 batang serai, dimemarkan

Bumbu Ayam yang Dihaluskan:

  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 cm jahe
  • 8 butir kemiri, disangrai
  • 12 butir bawang merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 buah tomat
  • 1 sendok teh garam

CARA MEMBUAT AYAM PANGGANG BUMBU SPESIAL YANG GURIH, EMPUK DAN NIKMAT

Tips Mempersiapkan Bahan Utama:

  1. Untuk langkah yang pertama lakukan dengan terlebih dahulu membersihkan ayam. Hal ini penting karena ayam yang baru saja anda beli belum tentu terjamin kebersihannya. Untuk itu, silahkan bersihkan kembali dengan menggunakan air yang bersih. Akan tetapi, sebelum terburu membersihkan ayam, silahkan potong terlebih dahulu ayam yang utuh dengan banyak potongan yakni 8 bagian. Atau jika anda merasa potongan ini terlalu kecil atau terlalu besar, maka anda bisa menyesuaikan potongan dengan selera anda.
  2. Masukkan ayam yang telah dipotong kedalam wadah dan bawa ayam ke tempat cucian untuk dibersihkan dengan menggunakan air secara merata.
  3. Bilas ayam dimulai dari bagian terluar secara merata hingga bersih. Jika anda mendapati banyak kotoran yang terdapat pada ayam atau bulu-bulu halus yang menempel pada ayam, maka silahkan bersihkan bagian ini secara merata.
  4. Angkat ayam yang sudah bersih dan masukkan kedalam wadah untuk kemudian silahkan tiriskan air cuciannya agar tidak menggenang dalam wadah.
  5. Sementara itu, untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ayam, maka bersihkan ayam dengan memberikan air perasan jeruk nipis dan juga sedikit taburan garam. Aduk-aduk dan remas-remas sedikit sampai bumbu ini meresap kedalamnya dengan sempurna.

Cara Membuat Ayam Panggang:

  1. Setelah ayam dilumuri dengan air jeruk dan garam, silahkan tusuk-tusuk ayam dengan menggunakan tusukan sate atau garpu dan diamkan sementara selama kurang lebih 30 menit. Hal ini dimaksudkan agar bumbu bisa meresap pada ayam secara merata.
  2. Setelah itu, rebus ayam dalam panci hingga mendidih dan ayam berubah warnanya serta teksturnya menjadi lebih empuk secara merat.
  3. Masukkan kecap manis kedalam rebusan ayam dan masak hingga bumbu kecap meresap kedalam ayam secara merata.
  4. Angkat ayam yang sudah direbus dan masukkan dalam loyang tebal, lalu masukkan dalam oven dan panggang selama kurang lebih 30 menit dalam suhu 180 derajat celcius sambil diolesi dengan bumbu hingga matang.
Setelah matang, keluarkan ayam dari oven dan sajikan dalam piring saji untuk kemudian ayam panggang akan siap dinikmati dan disantap.
Jangan lupa bagikan resep spesial ini dengan teman dan sahabat dan berikan pula komentar anda dibawah ini.

sumber