Selasa, 19 September 2017

Dimensi-dimensi Alam Semesta yang Tak Terlihat

Senin, 15 Oktober 2012


    Oleh: Nima Arkani-Hamed, Savas Dimopoulos, dan Georgi Dvali

    Ilustrasi oleh: Bryan Christie Design
    (Sumber: Scientific American, Special Edition – The Once and Future Cosmos, 31 Desember 2002, hal. 66-73)

    "Alam semesta tampak (visible universe) boleh jadi terletak pada sebuah membran yang mengapung di ruang dimensi tinggi".

    Alam semesta membran di alam dimensi tinggi
    boleh jadi merupakan tempat kita hidup. Eksp
    erimen-eksperimen mungkin dapat mendeteksi
    tanda-tanda dimensi tambahan berukuran ham
    pir satu millimeter dalam masa dekat ini.

    Cerita klasik tahun 1884 karya Edwin A. Abbott, Flatland: A Romance of Many Dimensions, melukiskan petualangan “A. Square”, karakter yang hidup di dunia dua-dimensi yang dihuni oleh sosok-sosok animasi geometris—segitiga, persegi, segilima, dan sebagainya. Menjelang akhir cerita, pada hari pertama tahun 2000, makhluk spheris dari “Spaceland” tiga-dimensi melintasi Flatland dan mengangkut A. Square keluar dari domain bidang [Flatland] untuk menunjukkan kepadanya alam dunia tiga-dimensi sejati yang lebih besar. Begitu memahami apa yang diperlihatkan oleh lingkungan tersebut, A. Square berspekulasi bahwa Spaceland sendiri mungkin eksis sebagai subruang kecil alam semesta empat-dimensi yang lebih besar lagi.

    Pandangan Kita Terhadap Dunia

    Kamis, 31 Mei 2012



    Motivasi dan perilaku seseorang dipengaruhi pandangannya mengenai dunia, seperti moral dan agama

    Oleh Robert Todd Carrol, 2004

    Masing-masing kita memiliki sederetan nilai dan keyakinandasar mengenai dunia ini. Nilai dan keyakinan ini adalah saringan dimana kita mempersepsi dunia dan menafsirkan pengalaman. Nilai seseorang dapat mempengaruhi bukan hanya seberapa pentingnya nilai yang ia berikan pada fakta, namun juga apa yang ia anggap sebagai fakta. Keyakinan moral dan agama adalah bagian dari pandangan seseorang terhadap dunia dan seringkali bertabrakan dengan pandangan dunia orang lain.

    Beberapa pandangan memuat pemahaman kalau pandangan lainnya harus dimusnahkan dan mereka harus menjadi pandangan yang dominan. Pandangan demikian tidak menerima kompromi dan memandang mereka yang mengajukan toleransi pada pandangan lain adalah bagian dari sebuah konspirasi untuk meremehkan mereka dengan mendukung berpikir bebas. Kelompok agama ultrakonservatif dicirikan oleh pandangan dunia yang demikian.

    Konflik Tradisionalis dan Modernis : Kemunculan Pihak Ketiga

    Kamis, 31 Mei 2012


    Apa perbedaan di antara ketiganya dan mana yang lebih dipercaya oleh para ilmuan dan lebih mempercayai sains?

    Sungguh mengesankan bahwa saya mengetahui teori evolusi justru dari karangan yang mengkritik habis-habisan teori tersebut. Mungkin sudah sepuluh tahun lebih Harun Yahya dan gerakan anti evolusi menyebarkan pengaruhnya pada dunia pembaca sains awam di Indonesia. Gerakan anti evolusi sebenarnya bisa dilacak hingga tahun 1974 di Kanawha, Virginia Barat, Amerika Serikat. Saat itu terjadi penolakan besar-besaran terhadap pengajaran teori evolusi dalam buku paket Biologi oleh beberapa pihak yang mengatasnamakan agama.

    Ann Page dan Donald Clelland tahun 1978 menyajikan sudut pandang sosiologis pada asal usul anti evolusi atau yang secara positif di istilahkan sebagai kreasionisme. Menurut kedua pakar sosiologi ini, konflik yang terjadi seperti di Kanawha merupakan konflik tingkat kelompok, bukannya individual. Konflik ini terjadi akibat perbedaan pandangan dunia dari tiap kelompok.

    Senin, 18 September 2017

    Cain Lemon Tree.........segera di buka 23 September 2017


    Klik untuk tau lokasinya   :   CAIN LEMONTREE

    SEGERA DI BUKA TANGGAL 23 September 2017 di dekat warung Doyong Bogor....klik lokasi :CAIN LEMONTREE

    "ENAK NYA KELEWATAN "........................kalau nggak cobain nyesel ..deh.


    Waralaba Ayam panggang santan khas Bogor 1978.







    Apa itu Cain lemon tree ?..................Cain lemon tree adalah merk dagang  dari ayam panggang santan khas Bogor yang dimulai sejak tahun 1978.(=39 tahun  lamanya  kuliner ini exis, artikel ini ditulis 1 April  tahun 2017)
    Pada awalnya adalah seorang anak muda yang bernama Indra Gustalim yang sehari hari dipanggil dengan nama panggilan Ca”in yang membantu pamannya berdagang ayam panggang santan dengan cara di jajakan secara ber keliling dari rumah ke rumah di seputaran jl.Suryakencana,Gg pedati,lawang seketeng,kampung gudang,pasar cunpok,Gang out, di kota Bogor.
    Cain muda sudah mulai berkeluarga dan mulai harus menghidupi keluarganya sendiri dengan berbekal pengalaman dalam membantu pamannya menjajakan ayam panggang santan berkeliling ia meminta izin kepada pamannya untuk bisa berdagang sendiri,oleh karena itu ia membuka lapak dagangan ayam panggang santan di pasar bogor belakang,......ya okelah kebutuhan keluarga tercukupi dengan berdagang ayam panggang santan ini karena rasanya yang enak,original dan otentik.

    Selasa, 22 Agustus 2017

    Tentang Energi



    Yang tercinta, sekarang saya akan berbicara kepada Anda tentang energi. Bayangkan sejenak tentang sebuah bola, setiap ukuran yang ingin Anda bayangkan. Kita akan mengambil ukuran barangkali dua belas inci hanya sebagai contoh, tapi bisa sebesar yang Anda inginkan. Didalam lingkup tersebut banyak titik yang dihubungkan oleh energi satu sama lain sehingga titik-titik terhubung ini tampak seperti menjadi bola, bola yang padat.

    Realitas: Hanyalah Ilusi


    Oleh: Leonardo VintiƱi

    Segala peristiwa dan semua materi yang kita lihat di alam semesta adalah sesuai dengan apa yang kita ketahui sebagai realitas. Gagasan bahwa alam semesta kita seperti sebuah ilusi raksasa, atau seperti produk dari realitas maya yang sangat kompleks, dianggap lebih mirip hasil karangan cerdas dari sebuah fiksi ilmu pengetahuan daripada dunia yang kasar dan tidak sempurna yang kita alami setiap hari.

    Senin, 21 Agustus 2017

    Kesadaran dan Akhir Perang Antara Sains dan Agama



    Jika makhluk Mars mendarat dengan piring terbang saat ini dan melihat bagaimana para agamawan berperang melawan para ilmuwan, ia akan terkejut betapa berapi-apinya manusia di kedua sisi tersebut. Perang tentang apa ini? Fakta ilmu pengetahuan telah lama mengalahkan keyakinan lama. Ketika teori evolusi Darwin menggantikan Kitab Kejadian untuk menjelaskan munculnya manusia, di pertengahan abad ke-19, tren terhadap keyakinan menjadi usang. Dunia telah diciptakan kembali sebagai bentuk material, yang diatur oleh hukum alam, acak dalam efeknya, dan kebal terhadap intervensi ilahi. Tidak hanya ilmu pengetahuan tetapi ribuan doa yang tidak terjawab telah melakukan andil mereka untuk menurunkan Tuhan dari tahtanya.

    Saya tidak tertarik pada apa yang menyebabkan perbedaan ini, dan karena itu saya ingin untuk membimbing perdebatan ini menjauh dari agama. Dan karena agama adalah bentuk utama dari spiritualitas dalam kehidupan kebanyakan orang, kita harus menjauh dari spiritualitas juga, setidaknya pada awalnya. Pertama kita harus mengapresiasi upaya sains untuk menjawab misteri yang mendasar tentang alam semesta ini. Yang sekarang dikenal:

    Ilusi Waktu



    Ini mungkin mengejutkan bagi sebagian besar non-ilmuwan dan bahkan beberapa ilmuwan, ketika Albert Einstein menyimpulkan dalam masa hidupnya bahwa masa lalu, masa kini, dan masa depan semua ada secara bersamaan. Pada tahun 1952, dalam bukunya berjudul Relativity, ketika membahas Dunia Ruang Minkowski yang merupakan interpretasi dari teori relativitas, Einstein menulis:

    "Karena terdapat struktur empat dimensi [ruang-waktu] tidak ada lagi bagian yang mewakili “saat ini” secara obyektif, konsep terjadi dan menjadi memang belum sepenuhnya dihentikan, tetapi semua menjadi rumit. Maka dari itu tampaknya lebih wajar untuk berpikir realitas fisik ini sebagai keberadaan empat dimensi, bukan, seperti sekarang, evolusi dari keberadaan tiga dimensi".

    Fisika Kuantum Pengaruhi Kekuatan Pikiran


    Dalam fisika kuantum, energi tidak memiliki bentuk dan kekuatan pikiran manusia membentuknya ketika mengamati objek. Jika Anda dapat melihatnya dalam pikiran maka Anda dapat merasakannya.
    Pada abad ke-18 dan 19, ilmu fisika berkembang dan menjadi populer dengan model mekanistik dan deterministik tentang alam semesta, di mana alam semesta dan isinya dikendalikan kekuatan interaktif yang kaku dan terukur. Fenomena yang dapat diprediksi dengan menggunakan alat-alat matematika, dan alam semesta atau sistem di dalamnya terbuat dari beberapa bagian.

    Dan bagi saya sangat membingungkan, ketika harus menerima kenyataan bahwa sumber yang saya baca menyatakan bahwa pengetahuan sangat erat dengan kesadaran dan pikiran manusia itu sendiri. Penulis Bruce Rosenblum dan Fred Kuttner dalam bukunya ‘Quantum Enigma: Physics Encounters Consciousness‘ menjelaskan semua ini dalam istilah non-teknis dengan bantuan dari beberapa cerita aneh tentang pengembang teori ini. Mereka menyajikan misteri kuantum, menekankan apa yang bukan spekulasi, mendeskripsi fakta-fakta kuantum eksperimental, dan menjelaskan teori fisika kuantum yang kontroversial. Setiap interpretasi fisika kuantum melibatkan kesadaran, sehingga Rosenblum dan Kuttner beralih menjelajahi kesadaran itu sendiri dan menemukan mekanika kuantum.

    Selasa, 09 Mei 2017

    Resep Bumbu Ayam Bakar Wong Solo Yang Gurih dan Mantap


    Haii bunda.. Sebelum melanjutkan membaca Resep Bumbu Ayam Bakar Wong Solo Yang Gurih dan Mantap, Yuks ikut berpartisipasi meningkatkan rating positif situs RHI. Cukup dengan :"TEKAN" tombol 
    Ayam Bakar Wong Solo Asli dan Khas

    Resep Masakan Nusantara - Siapa yang tak kenal dengan Ayam Bakar Wong Solo? Kelezatan kuliner nusantara yang satu ini memang sudah banyak dikenal oleh orang Indonesia karena citarasa yang khas Solo banget. Tak heran jika menu ayam bakar ini banyak diburu oleh kalangan pecinta kuliner. 

    Tempat Makan Ayam Bakar Enak di Jakarta


    Kuliner di Jakarta seakan tiada habisnya terutama untuk menikmati makanan khas dari Indonesia. Jakarta menjadi pusat kuliner di Indonesia sehingga, bagi Foodee yang ingin menikmati beragam sajian kuliner yang enak bisa menjajaki warung di Jakarta. Selain sate dan Bakso, Indonesia memiliki menu sajian andalan yang disukai oleh semua kalangan yaitu Ayam Bakar. Olahan daging ayam dengan bumbu khusus yang kemudian dibakar hingga sedikit gosong akan menciptakan citarasa yang lebih nikmat. Jadi, Foodee yang suka dengan sajian ayam wajib mencoba citarasa ayam bakar paling enak di Jakarta.

    Ayam bakar menjadi menu favorit hampir seluruh masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan aroma bakarnya yang menggugah selera, membuat Foodee bisa menjadikan kuliner khas Indonesia ini sebagai menu pilihan untuk makan pagi, siang, ataupun malam. Namun, apakah Foodee sudah menemukan restoran yang menjual ayam bakar sesuai dengan selera ? Berikut adalah 8 tempat makan ayam bakar enak di Jakarta yang harus Foodee icipi kelezatannya...

    1. Ayam Bakar Madu Pluit Kencana
    8 Tempat Makan Ayam Bakar Enak di Jakarta - Ayam Bakar Madu Pluit Kencana, Pluit
    photo courtesy: gulalives.com

    Sensasi baru bisa dirasakan ketika Foodee menikmati ayam bakar madu yang rasanya super nikmat.  Ayam bakar ini diolesin madu keseluruh bagian dagingnya, setelah itu baru dibakar. Sajiannya juga sudah sangat lezat dan nikmat, meski hanya melihatnya saja tersedia di atas meja tepat dihadapan Foodee. Rasa madunya sangat melekat dan bercampur dengan bumbunya yang sempurna. Satu porsi ayam bakar madu ini, dijual dengan harga Rp 16 ribu saja. Ini tentu membuat Foodee tetap hemat saat berwisata kuliner.

    9 Ayam Bakar Enak di Jakarta yang Harus Kamu Coba

    Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan menu ayam bakar. Racikan bumbu kecap dengan sambal akan memberikan citarasa yang lezat apalagi jika kamu menyantapnya dengan nasi hangat. Tak sulit untuk menemukan tempat makan ayam bakar di Jakarta, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran pun dapat kamu temukan. Nah, kali ini PergiKuliner sudah merangkum sembilan tempat makan ayam bakar enak di Jakarta yang harus kamu coba sebelum menyesal. Beberapa ayam bakar di bawah ini sudah terkenal enak sejak lama lho, sehingga tak heran pembeli selalu datang menyerbu. Penasaran? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini:


    Foto Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk

    Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk

    Jl. Tebet Barat Dalam No. 9, Tebet, Jakarta Selatan
    Di bawah Rp. 50.000 /orang

    Picture 1447641253

    Ayam Presto Bakar Madu Wijen

    Makanan pesanan saya yaitu ayam presto cabe hijau, kangkung, dan ayam bakar madu wijen. Sebagai pelengkap saya juga memesan nasi putih. Untuk rasa dan harga, ayam presto hayam wuruk ini memang enak dengan harga yang pas. Tempatnya cukup bersih dan luas.

    Foto Ayam Bulungan

    Ayam Bulungan

    Gedung Ayam Bulungan, Lantai 2
    Jl. Bulungan I No. 64, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
    Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

    Picture 1448460689

    Rumah Makan Ayam Legendaris

    Keempukan daging ayamnya no 1 karena selalu memakai Ayam Kampung. Ciri khas lain adalah sambal kecapnya yang sangat melegenda juga, tidak ada saingannya & kita tidak dapat menemukan jenis sambal yang sama seperti kepunyaan Ayam Bulungan di luaran.

    Foto Ayam Presto Ny. Nita

    Ayam Presto Ny. Nita

    Jl. Pesanggrahan No.8C, Puri, Jakarta Barat
    Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

    Picture 1445346497

    Ayam Presto

    Saya pesan paket ayam bakar, pas datang sih keliatannya nggak bakal kenyang karena ayamnya kecil, tapi ternyata kenyang juga hahaha. Sambelnya Ny. Nita emang mantap, pedas dan agak manis, makin yummy kalau ditambahin kecap manis.

    Foto Ayam Bakar Megaria

    Ayam Bakar Megaria

    Metropole 21
    Jl. Pegangsaan Timur No. 21, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
    Di bawah Rp. 50.000 /orang

    Picture 1419141394

    Ayam bakar legendaris

    Suka banget makan disini dari dulu. Suka banget sama ayam bakarnya, siomay, es teler nya juga enak banget sih. 1 porsi ayam bakar+nasi= 25rb. Tempatnya rame banget dan ga ada waiting list, harus kita yg cari tempat. Penyajiannya cepat

    Foto Ayam Bakar Kambal

    Ayam Bakar Kambal

    Jl. Gandaria I No. 39D, Gandaria, Jakarta Selatan
    Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

    Picture 1445346497

    MurMer!!

    Gw pesen Paket ayam bakar komplit, ada ayam bakar bisa pilih paha atau dada, 1 tahu, 1 tempe, otak2 goreng, dan lalapan. Cuma 23.500. Ga perlu nunggu lama, pesanan langsung dianterin. Bumbu ayam bakarnya agak kemerah-merahan beda dari yang biasa gw temuin, rasanya gurih, tahu tempenya juga agak gendut.

    Foto Nasi Uduk & Ayam Goreng Masdikun

    Nasi Uduk & Ayam Goreng Masdikun

    Jl. Raya Ragunan Balai Rakyat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
    Di bawah Rp. 50.000 /orang

    Picture 1413086752

    Makan asik di pinggir jalan

    Menunya ada ayam goreng, ayam bakar, babat, paru, usus sapi, lele, dll. Sambelnya sudah disediakan di meja, rasanya oke, pedesnya pas, ga berlebihan menurut gw. Oh ya di sini ga disediain lalapan, jadi yg suka lalapan, harus pesen. Nasi uduknya enak, ayamnya juga enak, ga keras. Harganya kisaran 20 ribuan per-orang.

    Foto RM Taliwang Bersaudara

    RM Taliwang Bersaudara

    Jl. Panglima Polim IV No. 125, Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
    Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

    Picture 1448460689

    Ayam Bakar nya makjoss

    Ayam Bakar Taliwang Bersaudara khas Sasak Lombok Nusa Tenggara Barat ini lebih kering daripada Ayam Bakar khas Jawa dengan bumbu2 yang melekat di daging ayamnya... Kesimpulannya : Enak, Ayamnya juga empuk tidak keras, disantap dengan sambal kacang menambah kelezatan Ayam Bakarnya...

    Foto Ayam Bakar Cha - Cha

    Ayam Bakar Cha - Cha

    Komplek Taman Harapan Indah, Kedai Remponk
    Jl. Tubagus Angke (Seberang BCA), Jelambar, Jakarta Barat
    Di bawah Rp. 50.000 /orang

    Picture 1443768435

    Ayam bakar enak!

    Gue pesen ayam bakar pedes manis. Ayamnya empuk. Bumbunya meresap. Sambelnya nampol banget. Pas buat ngilangin ngantuk di siang hari. Untuk kenyamanan sih jangan berharap lebih ya karena ini warung pinggir jalan, jadi lebih enak take away ajaaa

    Foto Ikan Bakar Cianjur

    Ikan Bakar Cianjur

    Jl. Batu Tulis Raya No. 39, Pecenongan, Jakarta Pusat
    Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

    Picture 1442338317

    nasi liwet, ikan pesmol, ayam bakar !

    tiap kesini pesen nasi liwet, ikan pesmol, dan ayam bakarnya! duh enak banget pokoknya, nasi liwetnya tempatnya kayak di bakul terus isinya ada ikan asin gt2 pokoknya enak deh, buat ikan pesmolnya juga enak, terus ayam bakarnya juga enak soalnya ayamnya di goreng dulu baru di bakar lagi gitu.



    sumber 
    Topik artikel ini: