Jumat, 13 Desember 2013

Tips atau cara memilih bisnis online dengan benar


 

Banyak bisnis online di internet yang memberikan janji-janji tentang penghasilan yang sangat luar biasa sehingga membuat pengunjung langusng tertarik dan segera melakukan pendaftaran pada bisnis online tersebut. Sebelum melakukan pendaftaran pada bisnis online, sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal sehingga Anda tidak salah memilih bisnis online. Misalnya saja bukti pembayaran dari perusahaan yang sedang dijalankan oleh pemilik website yang Anda lihat. Sesuai apa tidak atau hanya tipu muslihat dari pemilik website yang sedang Anda lihat pada saat itu. Selain itu perlu diperhatikan apakah ada badan hukum atau legalitas pada bisnis online tersebut.
Ada beberapa cara memilih bisnis online dengan benar supaya Anda juga bisa menghindari penipuan-penipuan yang terjadi pada suatu website atau situs. Sebelum Anda melakukan pendaftaran atau registrasi pada bisnis online yang akan Anda ikuti, sebaiknya Anda melakukan beberapa antisipasi untuk meyakinkan diri Anda. Apakah Anda memang benar-benar ingin mengikuti dan menjalankan bisnis online tersebut dan Anda sebaiknya jangan terlalu terburu-buru ketika memutuskan sesuatu untuk mengikuti dan menjalankan bisnis online itu. Contohnya, Anda melakukan  pencarian melalui website yang terkait apakah bisnis online itu benar-benar legal dan resmi atau hanya penyalahgunaan website demi keuntungan dan kepentingan pemilik website saja atau memang sama-sama menguntungkan. Apakah bisnis online itu terdapat badan hukum yang jelas atau hanya tipuan belaka. Kemudian dengan mencari bukti pembayaran bisnis online tersebut. Untuk itu, Anda sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih bisnis online. Biasanya ada juga bisnis online yang menjanjikan penghasilan yang sangat besar dan luar biasa, akan tetapi tidak legal dan tidak resmi. Perlu diperhatikan juga bagaimana perusahaan itu mendapatkan penghasilan dan bisakah perusahaan bisnis online tetap berlangsung dalam jangka panjang atau hanya dalam jangka pendek. Semua hal yang berkaitan dengan bisnis online memang perlu diperhatikan dengan baik dan benar.

Di bawah ini merupakan beberapa tips atau cara-cara memilih bisnis online dengan benar :
1. Lebih baik Anda tidak mudah terpengaruh (jangan mudah terpengaruh) dengan janji yang luar biasa dan dahsyat ketika Anda melihat atau mengetahui bisnis online tersebut. Sebaiknya Anda memulai dengan mengikuti program bisnis online dengan Business Plan yang wajar atau masuk akal. Jangan terlalu terburu-buru ketika memutuskan untuk memilih bisnis online.
2. Sebaiknya Anda memilih program bisnis online yang memang benar-benar dicari dan diminati oleh banyak orang.
3. Anda pastikan bahwa program bisnis online yang akan diikuti menyediakan wadah untuk konsultasi atau tempat untuk berkonsultasi ketika suatu saat nanti Anda menghadapi beberapa kendala dan pastikan adanya untuk bimbingan bagi Anda dalam menjalankan bisnis online dari pihak perusahaan atau pihak yang memiliki bisnis online yang akan Anda ikuti.
4. Lebih baik Anda mengamati situs atau website yang menyediakan program dengan melakukan pengamatan pada hasil search engine (google atau yahoo) dengan mengetikkan keyword http://namabisnisonline.com atau nama pemilik/pengelola bisnis online tersebut ( contoh keyword : , rekomendasi namasitus, nama pemilik bisnis online, siapa nama pemilik bisnis online, penipuan nama pemilik atau nama situs, review namasitus dan lain-lain yang berhubungan dengan bisnis online yang akan Anda ikuti).
5. Jika Anda bisa melakukannya, sebaiknya Anda mencari bukti nyata tentang bisnis online yang akan Anda ikuti. Dari mana Anda bisa mendapatkan bukti pembayaran itu, lebih baik Anda mencari tahu lebih dahulu sebelum mengikuti dan menjalankan bisnis online tersebut. Mungkin dari website atau situs yang lain atau mungkin jika ada teman Anda atau orang lain yang pernah menerima pembayaran dari perusahaan bisnis  online tersebut.
6. Ada juga hal yang tidak kalah pentingnya, yaitu legalitas perusahaan  atau badan hukum atau surat izin tentang berdirinya bisnis online tersebut. Anda bisa mencari melalui website atau mencari dengan seksama melalui perantara lain (orang lain atau buku atau yang lain) untuk bisa mengetahui kebenaran adanya bisnis online tersebut  (biasanya terdapat pada profil website akan tetapi juga ada bisnis online yang tidak memiliki surat izin).
7. Anda lebih baik memperhatikan jumlah hasil pencarian, maksudnya lebih fokus pada hasil pencarian untuk review atau rekomendasi dan Anda juga harus memperhatikan siapa dan situs apa saja yang merekomendasikan. Setelah itu, Anda melanjutkan dengan mengamati profil orang / namasitus yang mereview & merekomendasikan.
8. Bila Anda masih tergolong awal menjalani bisnis online atau masih tergolong pemula dalam menjalankan bisnis online, sebaiknya Anda memulai dengan memilih harga yang terjangkau terkait tentang bisnis online yang akan Anda ikuti. Ingat…! Harga yang mahal belum tentu memuaskan dan harga murah juga belum tentu murahan atau belum tentu bisnis online yang tidak bisa memuaskan.
9. Sebaiknya Anda cek terlebih dahulu website atau situs bisnis online yang akan Anda ikuti, berapa lama situs itu sudah berdiri. Anda bisa menggunakan fasilitas whois, tapi itu juga bukan jaminan karena ada beberapa situs yang sudah berdiri lama dan dikelola secara baik dan profesional justru tidak memuaskan dan lebih terkesan menipu karena apa yang ditawarkan tidak sesuai.
10. Anda lebih baik juga meminta saran atau pendapat kepada orang-orang atau teman Anda yang sudah memiliki pengalaman lebih dalam menjalankan atau mengetahui berbagai bisnis online yang ada.
11. Anda harus melihat dan memahami secara seksama tentang sistem kerja dari bisnis online tersebut. Bagaimana mendapatkan keuntungan, kenapa kok bisa harganya murah atau mahal, bagaimana kok bisa membayar orang yang mengikutinya dan sebagainya.
12. Anda juga harus memahami produk atau jasa yang ada pada bisnis online tersebut. Supaya jika ada orang yang memerlukan barang atau jasa dari perusahaan bisnis online itu bisa Anda informasikan kepada orang yang bersangkutan dan atau sedang membutuhkannya.
13. Anda juga diharapkan mengecek respon sistem support dari situs dengan melakukan pendaftaran / order (biasanya terdapat pendaftaran gratis untuk sementara). Biasanya program bisnis online yang baik dan profesional akan memberikan respon balik dalam waktu kurang dari lima menit (Jika Tidak ada Masalah dengan Koneksi atau masalah teknis).
14. Dari semua yang telah dipaparkan tadi, ada juga yang tidak kalah penting yaitu kepercayaan. Maksudnya di sini adalah kepercayaan kepada partner bisnis atau orang yang telah mengikuti saran kita untuk menjalankan bisnis online itu harus dibimbing semaksimal mungkin (jika perlu kita sendiri yang membimbingnya) supaya rasa kepercayaan dari pelanggan kepada kita (orang yang menjalankan bisnis online) semakin mendapatkan kepercayaan yang lebih baik dari pihak yang telah mengikutinya. Karena kepercayaan sangatlah mahal dan berarti. Hal itu juga harus kita lakukan dan harus kita pegang teguh ketika kita memulai menjalankan bisnis online.
sumber