Rabu, 05 Maret 2014

Wow!! Cumi Raksasa Tertangkap di Jepang



flora fauna

Cumi Raksasa Tertangkap di Jepang (Januari 2014)

cumi raksasa jepang header
Perbandingan cumi raksasa dengan manusia.
Shigernori Goto tak pernah menyangka, ia akan mendapat tangkapan besar. Nelayan Jepang itu kaget bukan main saat mengangkat jaring yang dipasang di kedalaman 69 meter, di lepas pantai Pulau Sadogashmia di Prefektur Niigata.
Seekor cumi-cumi raksasa terperangkap di jaringnya. Panjang makhluk itu mencapai 5,7 meter, beratnya mencapai 150 kilogram.
cumi raksasa jepang 11
Cumi raksasa tertangkap jaring oleh nelayan di Jepang (FNN-News)
“Ini kali pertamanya aku melihat cumi sebesar ini,” kata dia seperti dikutip dari Epoch Times, Senin (13/1/2014).
Hewan cephalopoda besar itu awalnya masih hidup. Namun saat diangkat ke darat, ia mati.
Para peneliti di institut riset Niigata mengatakan, jarang ada cumi yang dapat hidup bisa dibawa ke daratan.
Sejak dulu makhluk raksasa ini pernah dianggap mitos, sebelum akhirnya mulai terlihat pada tahun 2006. Mereka ada di antara invertebrata terbesar di dunia.
Namun secara anatomi, cumi raksasa yang disebut juga “humboldt squid” itu tak beda dengan cumi biasa. Hanya saja jauh lebih besar. Matanya sebesar apa? Matanya sebesar piring makan!
Stasiun televisi Jepang FNN-News mengabarkan, meski berdaging banyak, cumi itu tak layak dikonsumsi. Cumi-cumi Itu adalah cumi terbesar kedelapan yang ditemukan selama beberapa tahun terakhir.
cumi raksasa jepang 02
Cumi raksasa yang tertangkap di Jepang sedang diteliti (FNN-News)
Cumi terbesar yang pernah ditemukan tercatat memiliki panjang 43 kaki atau 13 meter dengan bobot hampir 1 ton. Bahkan beredar rumor, pernah muncul cumi sepanjang 66 kaki atau 20 meter!.
“Mungkin orang mengira, makin besar hewan, makin gampang ia kelihatan. Namun lautan itu luas dan dalam, cumi raksasa hidup di kedalaman lautan. Mereka sulit dipahami dan jarang dijumpai. Sebagian besar dari apa yang kita ketahui berasal dari bangkai mati yang mengapung ke permukaan dan ditemukan oleh nelayan,” demikian menurut Smithsonian National Museum of Natural History.
cumi raksasa jepang 05
Panjang makhluk itu mencapai 5,7 meter, beratnya mencapai 150 kilogram. (FNN-News)
Legenda Kraken
Kemunculan cumi raksasa dan makhluk laut aneh lainnya membuktikan satu hal: laut masih menyimpan rahasia dan misteri. Bukan tak mungkin, ‘monster-monster’ laut sejatinya ada. Salah satunya, Kraken, yang konon mirip cumi-cumi raksasa.
sarang-kraken-temuan-mark-mcmenamin
Fosil sarang Kraken temuan ilmuwan, Mark McMenamin (Daily Mail, Mark McMenamin )
Konon, Kraken sanggup menelan kapal besar atau paus hanya dalam sekali buka mulut.
Sejak dulu cerita makhluk berupa cumi monster sangat besar yang dinamai Kraken ini melegenda dan masih hidup selama ribuan tahun.
Meski terdengar fiksi, Kraken muncul dalam buku sejarah alam Norwegia, ‘Natural History of Norway’ terbitan tahun 1752 yang ditulis oleh Uskup Borgen, Erik Pontoppidan.
Beberapa tahun lalu seorang peneliti mengklaim, ia telah menemukan bukti bahwa mahluk mistis itu benar-benar ada.
Adalah Mark McMenamin, paleoantologis dari Mount Holyoke College, Massachusetts, yang mengaku menemukan sisa-sisa mahluk laut, di mana Kraken diduga kuat berada di balik kematian mereka. (Epoch Times / FNN-News).
Kraken
Kraken (Foto ilustrasi)
Cumi-cumi raksasa ditemukan di Niigata Prefecture Toyama (14/01/09)
Pirates of the Caribbean The Kraken Battle
Artikel Lainnya:
*****
((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))