Jumat, 26 Juli 2013

MANUSIA DAN ALAM SEMESTA

 


 

Dunia yang kita tahu sebatas pikiran kita. Apa yang menurut kita tidak masuk akal...ya tidak masuk akal. Apa yang tidak bisa kita lakukan... yah memang tidak bisa dilakukan. Kita yakin bahwa kita benar, kita mampu, kita bisa sekaligus tidak bisa, tidak mampu dan tidak salah. Kita mensensor segala sesuatu yang kita lihat, dengar dan rasakan melalui pengetahuan kita. Kita merasa tahu segalanya,  tetapi kenyataan sebenarnya adalah kita tidak tahu apa - apa dan tidak mau mengakuinya.
Perbandingan bumi dalam tata surya
Seberapa luas alam semesta ? Pokoknya luas Pak Wapan, gede soro, tidak bisa dibayangkan. OK ! Berilah saya gambaran tentang. jagad raya ini untuk membantu saya membayangkan keluasan dunia ini. Waa...pokoknya gede...apa Pak Wapan gak pernah belajar Geografi waktu sekolah dulu ? Bumi yang kita tempati ini hanya seperjutanya matahari. YAAH....kalo itu sih anak TK juga tau mas bro, coba beri saya gambaran lainnya, karena saya masih tidak bisa membayangkan luasnya alam semesta ini.

Bisakah anda membayangkan seluas apakah dunia ini ? Berapa ukuran bumi dibandingkan alam semesta ? Sebesar apakah manusia dibandingkan jagad raya ini ?
Bersyukurlah karena anda hidup di jaman internet cepat dan teknologi hebat. Kita tidak perlu susah-susah membayangkan ukuran alam semesta karena video ini akan memvisualkannya :

6 menit yang berharga untuk melihat eksestensi manusia di jagad raya. Pastikan anda melihatnya !

TATA SURYA, GALAXY & ALAM SEMESTA
Tata surya adalah sekelompok planet yang mengelilingi bintang. Sebagai contoh adalah tata surya kita. Matahari adalah sebuah bintang. Mars, Venus, Merkurius , Bumi dan lainnnya adalah planet. Planet-planet ini tertarik oleh gravitasi bintang dan berputar mengelilinginya. Bumi memerlukan 365 hari untuk mengelilingi matahari, memerlukan 24 jam untuk berotasi.
Jadi, setiap kali kita melihat bintang di langit, berarti akan ada planet-planet yang mengelilinginya. Itulah solar system atau sistem tata surya.
Sistem Tata Surya Kita
Galaxy adalah kumpulan bintang. Setiap bintang pasti dikelilingi oleh planet-planetnya seperti matahari dikelilingi oleh bumi. Berapa banyak bintang supaya bisa disebut sebagai sebuah galaksi ? Di Galaxy manakah bumi kita berada ? Apakah galaksi adalah bagian terbesar di alam semesta ini ?
Sistem tata surya kita berada dalam galaksi bima sakti. Saya tidak mengerti mengapa nama Galaxy "The Milky Way" ini diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Bima Sakti. Mungkin lebih supaya lebih keren. Seandainya dipaksakan, maka The Milk Way akan menjadi Jalan Susu, Galaksi Jalan Susu. Wah....cek elek'e, gak onok keren'e blas. Jadi anak-anak, bumi dan planet-planet lainnya ini berada di Galaksi Jalan Susu, kata guru geografi kita...hadeh...hadeh....^-^'.
Galaksi Bima Sakti, tempat bumi berada
Galaksi bukanlah bagian terbesar dari alam semesta. Sebaliknya galaksi hanyalah sebagian kecil jagad raya.  Ketika kita melihat ke langit malam hari, ada banyak titik kecil. Itulah bintang atau matahari yang berada se-galaksi dengan kita. Kita tidak bisa melihat galaksi karena letaknya terlalu jauh untuk dilihat dengan mata telanjang. Galaxy terkecil terdiri dari 10 juta bintang, sedangkan galaksi terbesar yang kita ketahui terdiri dari 1 triliyun bintang (1.000.000.000.000 matahari).
Galaksi terdekat dengan kita adalah Galaksi Andromeda. Pernyataan ini setengah benar, dan akan 100% benar jika dilengkapi menjadi Andromeda adalah Galaksi besar terdekat dengan Bima Sakti. Kita harus tahu bahwa ada galaksi besar dan galaksi kecil. Seberapa dekat ? Naik becak bisa nggak Pak ? Boleh....Galaksi andromeda jaraknya 2,5 juta tahun cahaya. Sedangkan Galaksi Canis Major Dwart "hanya" 25.000 tahun cahaya. Andromeda ini galaksi terbesar yang kita ketahui, berisi 1 triliyun bintang.
Jarak Galaksi Bima Sakti ke Galaxy Andromeda
Sebelum anda nawar ongkos becak di depan rumah, tahukah anda tentang kecepatan cahaya itu tadi ? Seberapa cepat laju cahaya ini ? Satu detik cahaya dapat menempuh 300.000 km. Kalo naik cahaya selama satu jam, maka anda telah menempuh jarak sejauh 1.079 juta kilo atau 1 Milyar dan 79 juta kilometer.
Seberap a jauhnya ? Gambarannya, jarak keliling bumi tercinta kita adalah 40.000 km. Artinya, dengan sedetik kecepatan cahaya, anda sudah memutari bumi sebanyak 7 kali ! Lah nek 25.000 tahun cahaya ditempuh dengan naik becak, kapan sampainya ? Nulis kok gak dipikir seh....wes...wes... nggak ngenah blas sing jeneng'e Wapannuri iki !
Saat ini, pengetahuan anda dan saya setingkat galaksi saja. Tetapi sebenarnya ada istilah yang melebih galaksi, yaitu "SuperCluster ".
Kumpulan galaksi disebut dengan SuperCluster. Galaksi Bima Sakti, Galaksi Andromeda dan galaksi lainnya (Phoenix, Centaurus, Leo, Hercules, dll) berada dalam Supercluster yang dinamakan Virgo Supercluster.
Galaksi Bima Sakti berada di Virgo SuperCluster
Ada 100 milyar galaksi yang kita ketahui. Tidak ada yang bisa   menjawab dengan tepat jumlah galaksi yang ada di alam semesta ini karena keterbatasan teknologi manusia. Sebagian kecil gambar yang diambil dari teleskop Hubble, teleskop luar angkasa tercanggih di dunia, malah menimbulkan pertanyaan daripada jawaban. Foto di bawah ini akan menjelaskan maksud saya
Manusia di tengah jagad raya

KESIMPULAN
Kedudukan manusia di alam semesta ini tidak ada apa-apanya. Kita bukan pusat dunia. Kita seperti bakteri dihadapan jagad raya. Siapa yang menciptakannya ? Siapa yang mengatur dengan begitu rapinya ? Semuanya berjalan secara tepat, tidak pernah telalu cepat ataupun terlambat. Tidak pernah kelebihan maupun kekurangan. Jika kebesaran alam semesta tidak membuat kita mempercayai kekuasaan diluar nalar, betapa  kurang ajarnya kita terhadap Tuhan Allah.
Sudah menjadi fakta bahwa hasil ciptaan tidak pernah melampaui penciptanya. Robot ciptaan kita tidak akan pernah bisa lebih pintar dari kita. Si Robot tidak tahu mengapa dia harus dikasih baterai, dikasih oli dan diservis rutin. Kita tahu kebutuhan dan masalah si Robot karena kita yang merancangnya, mengerti kekurangan dan kelebihannya. Kita tahu kapan harus men-shut down dan mereset-nya. Kita tahu kapan mengistirahatkan robot ciptaan kita. Jika kita maksa dia bekerja di luar kemampuannya, maka komponennya cepat rusak bahkan meledak karena kepanasan.
Kita, manusia, adalah ciptaan Tuhan. Dia tahu kebutuhan kita, makanan, minuman, pakaian, istrahat,  tenaga dan uang. Dia perancang alam semesta. Allah tidak pernah meleset soal waktu. Dia tahu betul selisih sekian detik bisa mengakibatkan perbedaan besar. Jadi,  jangan kuatir akan hari esok, akan apa yang hendak kita makan, yang akan kita pakai. Semuanya itu sudah disediakan Bapa di Surga. Lihatlah ke angkasa jika anda sedang galau atau ragu akan kasih dan ke-Maha Kuasa-anTuhan !
Dunia kita tak lebih besar dari Pikiran Kita
Sesungguhnya, harta terbesar dan terdahsyat adalah otak dan pikiran kita !


sumber