Jumat, 04 Oktober 2013

Kapulaga

Kapulaga

(Amomum compactum Soland ex Maton,)
Sinonim :
Arnornun cardamornum Willd. Arnomlnn capulaga Spangue & Burk.
Familia :
Zingiberaceae.
Uraian :
Tanaman semak, rumput-rumputan tahunan, tinggi lebih kurang 1,5 meter. Berbatang semu, bulat, membentuk anakan, warna hijau. Daun tunggal, tersebar, bentuk lanset, ujung runcing, tepi rata, panjang 25-35 cm, lebar 10-12 cm, pertulangan menyirip, hijau. Bunga majemuk, bentuk bongkol di pangkal batang, mahkota bentuk tabung, panjang lebih kurang 12,5 mm, warna putih atau putih kekuningan. Buah kotak, bulat, berlekuk, warna putih.



Nama Lokal :
NAMA SIMPLISIA: Amomi Fructus; Buah Kapulaga.

Pemanfaatan :

Bagian yang Digunakan
Buah.
Kegunaan
Buah:
1. Aroma jamu.
2. Napas/mulut bau.
3. Perut kembung.
4. Radang tenggorokan.
5. Suara parau.
RAMUAN DAN TAKARAN
Napas/Mulut Bau
Ramuan:
Buah Kapulaga   10 butir
Daun Pegagan   1 genggam
Air   secukupnya
Cara pernbuatan: 
Dipipis.
Cara pemakaian:
Diminum 1 kali sehari, pagi hari 1/4 cangkir.
Lama pengobatan:
Diulang selama 7 hari. Untuk pemeliharaan diminum 3 kali seminggu. Usahakan buang air besar secara teratur, dan gosok gigi sehabis makan.
Perut Kembung dan Mulas
Ramuan:
Buah Kapulaga(sangrai dan tumbuk kasar)   7 butir
Biji Jati Belanda(disangrai dan tumbuk kasar)   10 butir
Air mendidih   100 ml
Cara pembuatan:
Diseduh.
Cara pemakaian:
Diminum seperti minum teh, sehari 100 ml.
Radang Tenggorokan
Ramuan:
Buah Kapulaga (tumbuk kasar)   10 butir
Rimpang Kunyit (tumbuk kasar)   6 gram
Air mendidih   100 ml
Cara pembuatan:
Diseduh.
Cara pemakaian:
Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 100 ml.
Lama pengobatan:
Diulang selama 7 hari.

Komposisi :Buah: Minyak atsiri, minyak lemak, zat pati, gula, dan protein.






Penyakit Yang Dapat Diobati :Sifat Khas Pahit, menghangatkan, dan membersihkan darah. Khasiat Ekspektoran dan karminatif. PENELITIAN Datten Bangun, Semin Tarigan, Nazaruddin Umar, dkk. Bagian Farmakologi, FK USU dan Jurusan Farrnasi, FMIPA USU. Telah melakukan penelitian infus rimpang Kapulaga terhadap efek analgesik pada mencit. Dari hasil penelitian tersebut ternyata infus 10% dengan takaran 10 ml/kg bb, telah menunjukkan efek analgesik. Semakin besar takarannya, semakin besar perpanjangan waktu reaksi (PWR).


sumber


|Catatan lainnya.

0
Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah untuk bumbu masakan yang memberikan aroma tersendiri pada masakan. Selain sebagai bumbu masakah, kapulaga juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh karena mengandung minyak atsiri dan senyawa sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik,

Beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan yang kami rangkum dari berbagai sumber.
Mengobati Batuk
Kapulaga mengandung minyak atsiri, terpineol, sineol, protein dan kandungan lainnya, dimana kandungan yang ada dalam kapulaga tersebut dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati batuk.
Meringankan Sakit Rematik
Untuk meringankan sakit rematik, bisa menggunakan air rebusan dari semua bagian tanaman. Hampir dari semua bagian batang, daun dan juga buah dari kapulaga dapat digunakan sebagai herbal. Ketika badan lemas, air rebusan bagian tanaman kapulaga dapat mengembalikan energi yang hilang dan di minum ketika hangat dipercaya dapat untuk meringankan sakit rematik.
Bagus untuk Perut
Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada biji kapulaga banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional salah satunya bagus untuk sakit perut, batuk, dan juga sebagai peningkat stamina setelah melahirkan.
Bahan untuk Parfum atau Pewangi
Seperti yang kita ketahui, dari bijinya yang mengandung minyak atsiri, kapulaga banyak dimanfaatkan dalam industri parfum dan bahan pewangi.
Mencegah tulang keropos
Kandungan yang terdapat pada Kapulaga yaitu
sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik sangat bagus untuk mencegah keropos tulang khususnya bagi ibu-ibu yang menginjak masa tua.
Mengobati Radang Tenggorokan
Biji Kapulaga bisa kita buat ramuan dimana bagus untuk mengobatai radang tenggorokan. Untuk membuatnya silahkan ambil 10 buah kapulaga dan sedikit rimpang kunyit. Tumbuk kedua bahan tersebut tapi jangan sampai terlalu lembut. Seduh ramuan kapulaga dan rimpang kunyit tesebut dengan air panas. Saring dan minum 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.
 


sumber