Rabu, 31 Juli 2013

yang lebih cepat dari cahaya

yang lebih cepat dari cahaya September 23, 2011 Posted by atmajazone in Uncategorized.
trackback

banyak yg mengira cahayalah yang tercepat di alam semesta ini. Dikatakan bahwa: Kecepatan gerak cahaya dalam setiap satu detik adalah tiga ratus ribu kilometer dan saintis berpendapat bahwa jika sebuah materi (benda) bergerak dalam kecepatan seperti ini maka akan menjadi debu dan abu. Bahkan boleh jadi kecepatannya lebih tinggi daripada itu, apa jadinya benda yang bergerak dengan kecepatan itu?
Padahal sebenarnya banyak yg lebih cepat dari cahaya, berikut contohnya:
1. Sel-Sel Otak

Kecepatan gerakan sel-sel otak manusia lebih tinggi daripada kecepatan gerakan cahaya; karena itu segala sesuatu yang terlihat oleh manusia akan menjadi gambar dan gambar itu akan menjadi perbendaharaan di dalam otak dan tersimpan sebagai arsip.
Suatu teori mengatakan bahwa sesuatu yang Anda lihat untuk yang kedua kalinya, Anda akan segera mengenalinya, dan tidak lagi membutuhkan pengenalan baru. Oleh karena itu, setiap hari ratusan ribu gambar akan tersimpan di dalam otak anda. Jika dalam setiap satu detik sepuluh gambar tercetak dalam otak anda, maka dalam setiap menitnya akan mencapai enam ratus gambar, dan setiap jamnya akan mencetak tiga puluh enam ribu gambar dan dalam setiap lima belas jamnya akan mencapai lima ratus empat puluh ribu gambar yang tersimpan sebagai perbendaharaan di dalam otak anda. Jika dalam satu bulan berapakah gambar yang akan dicetak? Dan dalam satu tahun berapa pula yang dicetak? Silahkan Anda kalkulasi sendiri.
2. Quasar

Quasar, nama ini merupakan akronim dari “Quasi stellar radio source”.
Dalam bahasa Indonesia sederhana ada yang menggantikannya sebagai sumber
radio bintang gadungan. Mengapa demikian? Karena benda bersinar sangat
terang yang keberadaannya disinyalir paling jauh dalam jagad raya ini
tidak serupa dengan bintang biasa.
Ada yang memperkirakan energinya setara dengan 10.000 kali energi galaksi bentuk spiral.
dan kecepatannyaaaa,, bisa mencapai 10x kecepatan cahaya!!
3. Carbon 14

adalah isotop radioaktif yang terjadi secara alami, memiliki waktu paruh 5730 tahun.
Radiasi yang dipancarkan bila partikel bermuatan menembus materi dengan kecepatan yang lebih tinggi dari pada kecepatan cahaya dalam materi tersebut
4. cerenkov radiation

emisi cahaya (radiasi) yang dipancarkan bila suatu partikel bermuatan menembus cairan transparan non konduktif atau bahan padat dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya dalam materi tersebut. Partikel beta berenergi tinggi yang berasal dari bahan bakar bekas yang disimpan didalam air akan menghasilkan radiasi cerenkov berwarna biru.
5. Neutrino

Dalam sebuah eksperimen yang dilakukan oleh para peneliti di European Centre for Nuclear Research (CERN) di Swiss dan sebuah laboratorium di Italia, partikel mikro itu mampu bergerak dengan kecepatan hingga 300.006 kilometer per detik. Sedikit lebih cepat dibanding cahaya yang hanya mampu menembus kecepatan 300.000 kilometer per detik.
sumber